Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 30 Juni 2014

  PENGERTIAN OPINI

Opini adalah
Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat bersifat subjektif. Pendapat orang mengenai suatu hal dapat berbeda-beda. Perbedaan pendapat yang dikeluarkan bergantung pada sudut pandang dan latar belakang yang dimiliki.

Opini atau pendapat adalah suatu keadaan yang belum pasti kebenarannya. Walaupun suatu kejadian yang diperhitungkan pasti terjadi, namun jika belum terjadi, kejadian tersebut dimasukkan sebagai opini. Apalagi penilain seseorang terhadap suatu benda atau keadaan atau kejadian jelas termasuk opini.


BERDASARKAN ETIMOLOGI

(Etymology: ilmu tentang asal kata) Opini publik adalah terjemahan dari kosa kata bahasa Ingris yakni public opinion. Ditinjau dari sudut asal katanya (Etymology) Public Opinion berasal dari bahasa latin yakni opinari dan publicus.  Adapun Opinary berarti berfikir atau menduga. Dalam bahasa inggris juga menandung arti option and hope   yang juga berasal dari bahasa latin yaitu optio.  sedangkan publicus mempunyai  arti milik masyarakat luas.

Menurut para ahli adalah sebagai berikut :


Opini menurut Webster’s New Collegiate Dictionary  adalah suatu pandangan, keputusan atau taksiran yang terbentuk di dalam pikiran mengenai suatu persoalan terntentu.


Menurut Frazier Moore  (2004) Opini lebih kuat dari pada  sebuah kesan tetapi lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif. Opini merupakan suatu kesimpulan yang ada dalam pikiran dan belum dikeluarkan untuk di perdebatkan.


William Albig (1939:4) menjelaskan sebagai berikut mengenai opini : Opinion is any expression on a controversial topic.
Abelson dalam Soemirat (2004) menyebutkan Opini mempunyai unsur pembentuk yaitu
1.Belief 
2.Attitude  
3.Perception


Akar dari opini adalah persepsi yang ditentukan oleh factor berikut ini :
1.Latar belakang budaya  
2.Pengalaman masa lalu  
3.Nilai yang dianut
4.Berita yang berkembang
™ Menurut Effendy, ada beberapa jenis opini yang berkaitan dengan opini public :

Opini individu yaitu pendapat seseorang secara perorangan mengenai sesuatu yang terjadi di masyarakat. Opini public merupakan perpaduan dari opini-opini individu.
Opini pribadi yaitu Pendapat asli seseorang mengenai sesuatu persoalan. Opini seseorang belum tentu opini pribadinya, mungkin merupkan opini orang lain yang dianggapnya lebih mendekati kebenaran yang subyektif.
Opini kelompok yaitu pendapat kelompok mengenai masalah social  

 



Opini mayoritas yaitu  pendapat orang-orang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah, baik yang pro maunpun yang kontra.  Untuk mengetahui opini mayoritas dapat dilakukan dengan diskusi pada forum tertentu, misalnya parlemen sehingga dapat dihitung pendapat yang pro dan kontra maupun yang netral.


Opini minoritas

Opini massa (mass opinion) Opini jenis ini dapat bersifat destruktif.



Opini umum (general opinion) yaitu opini yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai suatu masalah yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Opini umum sangat berbeda dengan opini masa. Opini masa merupakan perkembangan dari opini public, dimana terdapat perbedaan pendapat tentang sesuatu persoalan, sedangkan opini umum semua pro atau semua masyarakat kontra. Opini umum dapat menjadi tradisi atau dapat pula menjadi pandangan hidup (way of life)




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Blogger - Powered by Blogger - Designed by Putri Wulandari -